Saturday, March 23, 2013

POA - PENGAWASAN ORANG ASING

Buku POA. 
Saya dan kebanyakan orang biasa juga menyebutnya Blue Book, mungkin karena bentuknya berupa buku kecil berwarna biru.


Banyak info simpang siur yang menanyakan darimana POA ini dikeluarkan? Apakah dari Imigrasi atau dari Kepolisian?
Saya sendiri jadi bingung nih.. dengan info-info tersebut, sebab sampai dengan Oktober 2012 terakhir perpanjang KITAS suami saya, prosesnya masih sama dengan sebelumnya yaitu mengisi :
  • Form Perdim 24 : untuk permohonan KITAS
  • Form Perdim 26 : untuk permohonan POA
  • Form Perdim 27 : untuk perubahan data orang asing (bila ada)
Artinya sampai dengan Oktober 2012, POA masih include dalam dokumen-dokumen Imigrasi tersebut.

Apabila ada pembaca yang mengetahui pengalihan POA dari Imigrasi ke Kepolisian mohon info-nya.

Info tambahan mengenai SKLD :
Awal Maret 2013 saya dan suami bermaksud perpanjang SKLD, akan tetapi semua dokumen kami hanya di stempel "SUDAH LAPOR" kemudian dikembalikan kepada kami. Petugas hanya memberitahu dengan pengumuman resmi tercetak bahwa "untuk sementara waktu SKLD belum bisa dikeluarkan, karena dana dari pusat belum turun untuk pembuatan kartu". Petugas meminta saya untuk cek kembali, later. Tapi sampai dengan suami saya kembali ke Aussie belum ada info lebih lanjut, jadi proses pembuatan kartu SKLD saya pending sampai suami saya kembali lagi ke Jakarta.


11 comments:

  1. Mbak bole minta email nya ga?sangat membantu skali info dari mbak.saya juga baru rencana mau apply skld di mabes,tp wkt saya nambil kitas awal bulan maret,dgr dr petugas imigrasi jaktim,mabea amntra lg tutup..jd saya ga ngerti mksd tutup apa.mgkn yg mbak bilang ini,smntra lagi ga ada pengurusan skld kali ya.ad yg bilang di metro jaya ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ke mabes POLRI Trunojoyo awal maret 2013 kemaren dan sampe sekarang saya belum tau lagi kelanjutannya, apakah sudah bisa apa belum.

      Delete
  2. Apakah mba perna denger pengurusan SKLD jg bisa dilakukan di polda metro jaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah denger. yang saya lakukan di mabes polri trunojoyo, ada khusus pelayanan SKLD.

      Delete
  3. Ok mba..makasih bnget ya infonya..

    ReplyDelete
  4. Hi mba eni, apakah skrg mabes polri sudah bs mengeluarkan kartu skld?

    ReplyDelete
  5. Hi mba eni, apakah skrg mabes polri sudah bs mengeluarkan kartu skld?

    ReplyDelete
  6. Hai...
    Sorry baru bales.
    SKLD saya belum cek lagi, nanti saya cek lagi setelah suami kembali ke Jakarta, sambil lapor diri.

    ReplyDelete
  7. Lapor diri gmna tu mbak? Stiap masuk kmbli emng perlu lapor lg ya? Sip ditunggu info lebih lanjut ya mbak..thank u

    ReplyDelete
  8. Hingga hari ini POA masih diberikan oleh kantor imigrasi kelas III Bekasi bersamaan dengan KITAS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jakarta juga pak, POA masih dikeluarkan dari Imigrasi, bukan Kepolisian.
      Tksh sharingnya ya

      Delete