Wednesday, November 14, 2012

Kangkung cah ayam dan daging sapi

Memanfaatkan bahan mentah yang ada di kulkas, sore tadi saya masak Kangkung cah ayam daging sapi. 
Harusnya sih memang telur puyuh pasangannya, tapi karena nggak sabar ngupas telur puyuh yang kecil-kecil, dan saya kalo ngupas telur puyuh bagian putih telurnya  selalu kebawa sama kulit telurnya, jadinya mending yang gampang-gampang saja lah..



Bahan-bahan:

  • 2 ikat kangkung
  • ¼ ekor ayam bagian dada, potong kotak-kotak
  • Kurang lebih 3 sdm daging sapi yang sudah di iris tipis-tipis 
  • 3 buah bawang putih, iris tipis
  • 3 buah bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong sesuai selera 
  • 4 buah cabe rawit merah, iris-iris sesuai selera
  • 3 cm Jahe, di keprek
  • ½ sdt Lada hitam bubuk
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin 
  • 1 sdm Saus tiram
  • Garam secukupnya 
  • 1 sdm tepung maizena, dilarutkan dalam ¼ gelas air
  • Air matang secukupnya

Cara Memasak:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih diatas wajan dengan api sedang, sampai harum.
  2. Masukkan ayam potong dan daging iris, aduk sebentar
  3. Masukan jahe, Lada hitam bubuk, kecap manis, kecap asin, saus tiram dan garam, aduk sebentar
  4. Masukan air matang, tutup wajan, masak dengan api sedang sampai ayam dan daging sapi empuk dan matang.
  5. Kecilkan api, lalu masukkan kangkung, irisan tomat dan irisan cabe rawit merah, aduk sebentar sampai kangkung layu (tapi jangan terlalu masak).
  6. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan, sambil diaduk kangkung perlahan sampai kuahnya agak mengental.
    Angkat dan sajikan.




2 comments:

  1. aAssalamualaykum...salam kenal saya adda moon bantuan dan Saran dari mbak ani. Saya insya Allah menikah tahun ini dengan wna srilanka yang bekerja di qatar. Saya sudah datang ke Kedutaan ssrilanka di Jakarta. Dr sana saya dpt informasi syarat yang harus calon suami saya siapkan diantaranya unmerried certificate, affidafit from parents, passport with visa, birth certificate, identity card, request letter. Maaf mbak yang in gin says
    Tanyakan langkah pertama yang harus saya persiapkan apa ya mbak, saya sudah Ada copy passport Dan Akta kelahiran dia . Domisili saya di
    jambi Dan kami akan menikah di jambi dari
    negaranya dia langsung ke jambi mbak
    Tidak ke ke Jakarta mbak semua berkas dia akan dikirim sebelum dia datang nanti saudara saya yang di Jakarta yg urus. Menurut mbak gimana sebaiknya. Mohon banget Saran dari mbak terima
    kasih sebelumnya. Mbak in I alamat email saya andiwahdah75@gmail.com
    Terima kasih

    tanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam wr wb.

      Informasi yang didapat dari Kedutaan Srilanka itu untuk membuat Certificate of No Impediment to marriage (CNI), dimana surat ini diperlukan KUA untuk pernikahan WNI dengan WNA.
      Langkah pertama, siapkan dulu semua dokumen suami spt yang diminta kedutaan untuk proses pembuatan CNI dimaksud.
      Setelah CNI sdh dikeluarkan dari kedutaan, siapkan dokumen-dokumen lain dari calon suami WNA dan dokumen-dokumen calon istri WNI, kemudian daftarkan ke KUA.
      Untuk lebih jelasnya dokumen apa saja yg diperlukan untuk pernikahan, silahkan baca di sini :

      http://ilalanggrass.blogspot.com/2012/11/menikah-di-indonesia-dengan-wna.html

      Btw, semua dokumen yang bukan dalam bahasa Indonesia, sebelum diserahkan ke KUA, harus di translate dulu oleh sworn translator.
      Semoga membantu.

      Salam.

      Delete