Sunday, July 29, 2012

Kolak Biji Salak


Untuk buka puasa sore ini : KOLAK BIJI SALAK
Bahan:
  • 500 gr Ubi merah, kukus, haluskan
  • 4 sdmTepung sagu
  • 500 gr Gula jawa
  • 4 sdm Gula pasir
  • 1 liter Air
  • 500 ml Santan kental
  • ½  sdt Garam
  • 4  lembar Daun pandan.

Cara membuat :
  1. Tuang tepung sagu kedalam ubi halus, aduk hingga rata sampai adonan ubi bisa dibentuk bulatan-bulatan.
  2. Buat bulatan bulatan sampai adonan ubi habis, sisihkan.
  3. Masak gula jawa, gula pasir, 2 lembar daun pandan dengan air, hingga mendidih dan gula larut. Saring, kemudian didihkan kembali.
  4. Masukkan bulatan-bulatan adonan ubi kedalam kuah gula mendidih, biarkan hingga mengapung. Matikan api.
  5. Masak santan, garam dan 2 lembar daun pandan pada api kecil, sambil diaduk terus sampai mendidih, angkat.
  6. Sajikan kolak biji salak bersama kuah santan.
Selamat berbuka puasa dengan yang manis-manis.

 

2 comments:

  1. kirain biji salak beneran hihihi .... kok sakti bener nih Eny makan biji salak . enak ya buat buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. debus donk kalo gitu.
      cuma kebayang aja gimana kalo kolak biji salak dapet beli dari abang2 pinggir jalan.. bikin buletannya itu kan pake tangan, gimana kalo tangannya si abang abis ngorek upil, abis ngobel-ngobel... haha... hueeekk.
      thanks ya Bunny sudah kunjung.

      Delete