Thursday, June 14, 2012

SKTT Surat Keterangan Tempat Tinggal Penduduk WNA / Pendatang WNA



Dear pembaca,
Sehubungan dengan perubahan prosedur pembuatan SKTT per 2013, yaitu SKTT bukan lagi dikeluarkan dari Kelurahan, melainkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, maka info mengenai prosedur aplikasi tersebut saya link di sini TEMPORARY RESIDENTIAL CARD - NEW SKTT dan disini SKSKPS

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Melanjutkan proses pendaftaran kependudukan suami saya setelah SKSKPS selesai , maka harus ditindak lanjuti dengan pendaftaran WNA ke Kelurahan setempat untuk mendapatkan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) Penduduk WNA/ Pendatang WNA

Dokumen-dokumen yang harus dibawa sebagai persyaratan adalah sebagai berikut :
  1. Surat Pengantar RT   
  2. Lembar copy dari SKSKPS (Surat Keterangan Susunan Keluarga Penduduk Sementara) 
  3. Lembar copy dari Formulir isian biodata penduduk sementara orang asing / Foreign Biodata Form
Point nomor 2 dan 3 didapat ketika apply SKSKPS yang saya uraikan pada tulisan saya sebelumnya disini.

Sudah itu aja. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan SKTT ini, asalkan :
  1. Tidak ketemu oknum kelurahan model NGATIJO.
  2. Pak Lurahnya ada ditempat untuk tanda tangan pada SKTT,  jadi bisa selesai dihari yang sama
  3. Kasih uang lelah untuk pegawai kelurahan yang menghandle (tapi kalo untuk NGATIJO sih NGGAK lah yauuu , malah harusnya dia yang bayar ke saya karena sempat bikin saya pusing dan naik darah saat ngurus surat pengantar Lurah untuk balik nama PBB beberapa waktu lalu).
++  : Hehe.. dendam banget sih Bu..

---  : Iya banget. Cepet-cepet deh orang model begitu dimutasi ke mana kek.. Bantar Gebang sekalian, supaya ga bikin susah warga.


5 comments:

  1. Dear Bu Eny, terimakasih atas info ini sangat membantu. Bu apakah kami dapat mengetahui info lebih lanjut tentang isi dari surat pengantar RT tsb?

    Menurut info yang saya pernah baca untuk mengurus SKTT ini surat pengantar yang diperlukan bukan hanya RT dan Lurah saja, tapi juga diperlukan surat pengantar dari RW. Apakah benar begitu Bu? Mohon pencerahan. Terimakasih.

    Salam, Renny - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Renny,

      Surat pengantar dimaksud adalah surat pengantar dari RT ke Kelurahan agar Kelurahan dapat mengeluarkan SKTT yang ditandatangan oleh pak Lurah.
      Seperti biasanya mengurus surat-surat apapun di kelurahan (ie. KTP, Kartu keluarga, termasuk SKTT) diperlukan surat pengantar RT.
      Ditempat saya tinggal pak RT nya sudah menyiapkan form surat pengantar untuk berbagai keperluan warga yang akan berurusan dengan Kelurahan, dalam form tersebut ada tanda tangan RT dan tanda tangan RW, tapi karena ditempat saya tinggal pak RW nya susah ditemui/jarang ada di tempat, jadi kelurahan cukup maklum untuk tidak perlu ada tanda tangan RW di surat pengantar tsb. Jadi setiap berurusan dengan Kelurahan saya cukup dengan Surat pengantar di ttd RT saja. Ok Renny.

      Delete
  2. Hello bu eny, saya ingin tahu ttg sktt apa pada saat perpanjangan kitas perlu sktt?karena sampai skrg ini saya blum membuat sktt?apakah ada sanksi ato denda juga?persyaratannya apa saja..

    ReplyDelete
  3. Hi di kanim saya waktu perpanjang KITAS tidak diminta SKTT hanya surat keterangan domisili. SKTT harus segera dibuat maksimal 14 hari setelah KITAS diterbitkan.Untuk dendanya bisa dibaca di peraturan di bawah.Persyaratannya gampang, tinggal ke capil, serahkan surat permohonan, copy KTP sponsor, KK, copy kitas, pasport. Untuk jelasnya bisa dilihat di Perda no.93 tahun 2012. Untuk biaya bisa dilihat di Perda no. 3 tahun 2012.
    Juliet

    ReplyDelete
  4. hai.. saya belum membuat SKTT, waktu mau buat harus ada dokumen SKLD dari kepolisian juga, ada beberapa dokument lainnya visa, kitas, pasport, saya pernsh buat SKLD tapi sudah hangus thn 2013, 2014 ini saya tidak perpanjang, katanya tahun 2014 kepolisian tidak melayani SKLD, bener gak tuh ya?..apa bedanya STM surat tanda melapor dengan SKLD surat keterangan lapor diri, keduanya dikeluarkan dari kepolisian??.. untuk pembuatan akte anak saya jadi tertunda gara" suam saya tidak memiliki SKTT, sedangkan kepala keluarga di KK saya sendiri, suami tidak dicantumkan didalamnya.

    ReplyDelete