Posts

SBMPTN - Kampus manapun, kamu punya peluang yang sama untuk sukses

Saya tertarik dengan tulisan Rizky Syaiful2013 lalu, kurang lebih isinya begini :

Kuliah S1 cuma 4 tahun. Karir hidupmu bisa > 50
Dan, relatif, juga pada kebanyakan kasus, tidak terlalu signifikan, >50 tahun itu dipengaruhi oleh DIMANA 4 tahun itu.
Posisi di 4 tahun itu memang agak sedikit berpengaruh pada kondisi kamu di tahun ke 5
Tapi nasib kamu di tahun ke 6, sampai tahun >50, semua ada ditangan kamu, Kampus manapun, kamu punya peluang yang mendekati sama untuk sukses.

Sebagian besar anak SMA menginginkan kuliah di Universitas Negeri dan punya kampus idaman yang mati-matian diperjuangkan untuk dituju.
Hari pengumuman SNMPTN dan SBMPTN seolah menjadi hari keputusan masa depan mereka.
Saya selalu bilang ke anak-anak saya, tahun-tahun kalian duduk di bangku SMA itu adalah tahun-tahun yang menetukan masa depan kalian, mau kuliah dimana, mau jadi apa? Semuanya ditentukan saat kalian SMA. Kalau tahun-tahun SMA mu baik, kemungkinan besar bisa lolos ke kampus negeri idaman. Tapi kalau …

Bule Gaul

Ini lho, saya warga asli Jakarta, tinggal di perumahan tempat saya tinggal ini sudah lumayan lama, tapi kok yao masih tidak dikenali tetangga, dibanding suami saya yang tinggal nomaden, antara Melbourne – Jakarta. 
Lebay sihhh... mbak Wikipedia bilang : A nomad is a member of a community of people who live in different locations, moving from one place to another in search of grasslands for their animals.

Cerita Ramadhan tahun lalu, saat saya Teraweh satu shaft dengan ibu-ibu komplek. Biasanya saya milih diluar, karena saat ceramah kadang-kadang saya bisa saving mata ngantuk (merem-merem ayam ‘bentar).
Kali ini saya berkesempatan masuk ke dalam, karena rombongan shaft diluar sudah tidak ada (kebiasaan Teraweh, makin mendekati lebaran, shaft makin maju).

“Nggak penah lihat Ibu sebelumnya”  tiba-tiba ibu-ibu sebelah menyapa saya

Saya : Oh iya bu, saya biasanya diluar sana 

(halllahhh cari alasan, emang jarang teraweh kannn? Hehehe.. biasanya pulang kerja, habis buka, saya langsung ngantukk)

Ibu…

SIM Keliling - Perpanjang SIM

Jadi ceritanya saya perpanjang SIM A yang akan habis masa berlakunya awal April 2018.
Sebelumnya sudah kebayang gimana rempongnya saya harus ke Samsat Kebon Nanas yang kalo dari rumah saya harus melewati Pasar Gembrong. Pasar Gembrong tau 'ndiri macetnya aujubilleh, apalagi untuk ke Samsat harus datang pagi kalau mau dapat antrian duluan, yang artinya itu waktunya lalulintas sangat padat, karena barengan orang berangkat kerja arah Kuningan, Sudirman. Samsat Kebon Nanas yang paling dekat terjangkau dari rumah saya, daripada ke lokasi SIM keliling area Jakarta Timur lainnya.
Modal kegalauan tersebut, saya google sana-sini, cari info bisakah perpanjang SIM di lokasi dekat kantor saya sajahhhh. Saya beberapa kali lihat mobil SIM keliling di sekitar Carefour Harapan Indah Bekasi. Lokasi ini lumayan deket ke tempat saya bekerja. Dan perpanjang SIM sudah bisa lintas area, maksudnya SIM domisili Jakarta bisa diperpanjang di area Bekasi (dan kota lainnya). Alhamdulillah…
Sesuai jadwal SI…

Teman lama-kah?

Ada chatt wa masuk dari nomor ga dikenal :
“apa kabar mpok?”(“Mpok” panggilan mbak dengan bahasa betawi) “maaf, ini siapa?” “siapa lagi temen lo yang manggil lo ‘mpok, selain gue”
Hhmmm ini kayaknya si Koo Ping Hoo, Cina Jatinegara yang logatnya betawi kental. Beberapa waktu lalu dia ganti nomor, dan nomor yang lama sudah saya delete, jadi saya mengira ini Koo Ping Hoo pake nomor lama yang sudah saya delete.
Ya udahh saya terusin deh obrolan chattnya, toh saya lagi ga sibuk.
“iye, kenape?, kalo mau main tebak-tebakan lyric lagu ‘ntar ye, gue lagi males google”
Nah loh keceplosan deh nyebut google. Saya selalu menjawab dengan benar tebak-tebakan lyric lagu-nya, bukan karena saya selalu tau (buseet dah.. siapa juga yg masih 100% inget lyric lagu 80an), tapi saya main curang, search mbah google, dan kayaknya dia ga tau saya curang… wkwkwkw.. ketawa gaya pak Sait (tonirozim).
Sahabat saya ini dari jaman saya kuliah, meskipun dari sejak lulus dulu baru ketemu lagi satu kali saat reunian se…

HUTANG

Sering merasa serba salah, dan akhirnya feeling guilty ketika menolak permintaan hutang dari orang-orang dekat. Seseorang memberi hutang seringkali bukan karena uangnya berlebih, tapi lebih karena mendahulukan si penghutang dengan men-skip kebutuhan lain yang sudah di forecast-kan. Ketika saya mendahulukan penghutang, pertimbangannya karena dia memerlukan mendesak. Tapi ketika keadaannya terus-terusan mendesak, mau ga mau saya harus bisa bilang NO. Itu namanya never ending story
Begini adabnya Hutang piutang dalam Islam, yang saya ambil dari berbagai sumber : Ada perjanjian tertulis dan saksi yang dapat dipercaya.Pihak pemberi hutang tidak mendapat keuntungan apapun dari apa yang dipiutangkan.Pihak piutang sadar akan hutangnya, harus melunasi dengan cara yang baik (dengan harta atau benda yang sama halalnya) dan berniat untuk segera melunasi.Sebaiknya berhutang pada orang yang shaleh dan memiliki penghasilan yang halal.Berhutang hanya dalam keadaan terdesak atau darurat.Hutang piutang tida…

Dosa Yang Terus Mengalir

Sejak Kartika Putri berhijab, Alhamdulillah setidaknya banyak yang mulai melek apa itu dosa jariyah.
Sumber dosa jariyah banyak, tapi mbak cantik ini menjabarkan sesuai apa yg dirasakan dan dialaminya. Begitu juga saya, hanya akan menjabarkan apa yang yang saya lihat dan membuat saya resah.
Saya risih dan resah liat artis-artis muda Indonesia pamer poto “liburan bersama pacar” di Instagram. Jangan dipikir yang namanya liburan tersebut adalah piknik jalan-jalan ke Ancol, Taman Safari, apalagi Ragunan. Yang dimaksud liburan mereka adalah jauhhh melancong keluar negeri, layaknya suami  istri sedang honeymoon. Kemudian poto-poto kemesraan tersebut ditangkap dan disebarkan di account gossip, kemudian dilihat oleh ratusan ribu follower, yang sebagian besar usia muda dan gamang. Kira-kira yang dipikir netizen/follower tentang poto itu apa ya?
Mereka sebagian besar menganggap itu biasa saja, artinya liburan jauhhh (udah pasti nginap) berdua dengan yang bukan muhrim-nya, biasa saja.
Ketika saya ma…

Daging Sapi Masak Nanas

Image
Memanfaatkan daging sapi yang nganggur di kulkas, dan tadinya saya tidak tau mau dibikin apa, akhirnya cari ide di google, dan jadilah masakan ini dengan sedikit modifikasi ala saya.
Bahan : 250 gr Daging sapi, potong kecil-kecil1 buah Nanas madu, ukuran sedang, potong sesuai selera3 siung Bawang putih, iris halus2 Cm Jahe, tumbuk halus2 buah Cabe merah besar, buang bijinya, iris sesuai selera1 buah Bawang bombay, iris sesuai selera2 Sdm Saus tomat½ Sdm Saus tiram1 Sdt Lada halus1 buah Pekak (kembang lawang)4 butir CengkehAir matang secukupnya1 sdm Minyak untuk menumis
Cara buat : Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan Jahe, tumis sampai harumKemudian masukkan Pekak dan Cengkeh, oseng.Masukkan daging sapi, aduk merataMasukan air matang, masak sampai daging empuk dan air berkurang.Tambahkan Saus tomat, Saus tiram, Lada halus, aduk.Masukkan Nanas, irisan cabai, irisan bawang Bombay, aduk merata sampai kuah mengental.Tambahkan garam, cicipi rasanya.Angkat, siap dihidangkan dengan nas…